SELAMAT DATANG DI BLOG KU

Jumat, 18 Februari 2011

Eukaliptus

Kalian mengenal Koala, kan? Ya, hewan khas Australia yang gemar tidur dan makan. Makanan kesenangan Koala adalah daun Eukaliptus. Seperti apakah pohon Eukaliptus ini?
Eukaliptus adalah pohon khas Australia. Lebih dari 700 jenis Eukaliptus dapat ditemukan di seluruh Austrlia. Hanya beberapa jenis yang tumbuh di luar benua itu, seperti di Papua Nugini, Indonesia dan Filipina.
Tanaman Eukaliptus amat beragam. Ada yang pendek, ada pula yang tumbuh menjulang tinggi. Menurut tingginya, tanaman Eukaliptus dibedakan menjadi empat golongan. Pohon Eukaliptus kecil yang tingginya kurang dari 10 meter, sedang/medium (10-30 meter), tinggi (30-60 meter), dan sangat tinggi (lebih dari 60 meter).
Beberapa jenis Eukaliptus tergolong pohon tertinggi di dunia. Misalnya, jenis Ecualptus regnans yang dijuluki Centurion merupakan tumbuhan berbunga tertinggi, yaitu setinggi 99,6 meter.
Tanaman Eukaliputs ternyata memiliki banyak manfaat. Eukaliptus tumbuh dengan cepat, sehingga sering digunakan untuk menhijaukan lahan yang gundul. Kayu yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan bangunan, kayu bakar, dan pulp (bubur kayu untuk bahan pembuatan kertas).
Daun Eukaliptus memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi. Minyak Eukaliptus dihasilkan dengan cara menyuling daunnya. Minyak yang dihasilkan digunakan sebagai bahan pewangi, cairan pembersih, dan bahan tambahan makanan, seperti permen, obat batuk, dan pelega nafas. Minyak eukaliptus juga bersifat menolak serangga, dan telah digunakan sebagai bahan dari penolak nyamuk. Nektar dari bunga eukaliptus menghasilkan madu berkualitas tinggi.
Orang-orang Aborigin sering menggunakan daun Eukaliptus untuk melumpuhkan ikan sebelum ditangkap.
Beberapa jenis eukaliptus memiliki dahan yang mudah patah. Sehingga hutan eukaliptus penuh dengan dahan yang mati. Bahkan dahan yang patah kerap menimpa penebang pohon maupun orang yang berkemah sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar