SELAMAT DATANG DI BLOG KU

Jumat, 18 Februari 2011

ilmu

R2, Si Robot Astronot

Sebutan Astronot sebentar lagi tak cuma menjadi milik manusia. Robot pun berhak menyandang gelar Astronot. Salah satu robot yang dikembangkan untuk menjadi astronot adalah R2 atau Robonaut-2 milik Lembaga Antariksa Amerika (NASA).
Ya, NASA bekerja sama dengan General Motor (GM) kini sedang membangun sebuah robot humanoid baru yang dinamakan Robonaut-2. Robot ini kelak akan bekerja berdampingan dengan astronot manusia dalam sebuah misi ruang angkasa. Mereka akan ditugaskan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berisiko tinggi jika dilakukan oleh manusia.
Sebenarnya R2 bukanlah robot pertama. Sebelumnya NASA pernah membangun robot humanoid yang disebut Robonaut-1 (R1A dan R1B) pada tahun 2003. R2 merupakan pengembangan dari R1.
Dibanding R1, R2 akan lebih cepat dan lebih tangkas. R2 dapat menggunakan tangannya untuk melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh humanoid sebelumnya. R2 juga dapat bekerja bersama manusia secara aman saat di bumi maupun di luar angkasa.
Robot R2 memiliki berat sekira 150 kg (300 pounds). Tubuhnya terdiri dari sebuah kepada, badan, dua lengan dan tangan serta 4 buah roda untuk berjalan. Tangan robonaut R2 ini mampu mengangkat beban seberat 20 kilogram, sedangkan masing jari-jarinya mampu menahan beban seberat 2,5 kilogram. R2 juga mampu meluncur dengan kecepatan 2 meter per detik.
Robonaut-2 diharapkan bisa melakukan berbagai macam pekerjaan di stasiun luar angkasa. Mulai dari membantu memasang perangkat percobaan, memperbaiki peralatan, hingga pekerjaan-pekerjaan sederhana seperti menjalankan vakum cleaner (pembersih debu).
Rencananya R2 akan diluncurkan bersamaan dengan peluncuran pesawat ulang alik Discovery, pada bulan September. R2 akan menjadi penghuni tetap stasiun luar angkasa internasional, ISS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar