SELAMAT DATANG DI BLOG KU

Senin, 07 Maret 2011

Sunnah-Sunnah Berpuasa

Puasa adalah ibadah yang mulia dan berpahala. Apa saja yang disunnahkan Rasulullah n jika kita berpuasa? 1. Mengakhirkan sahur waktu sahur
Rasulullah n menganjurkan untuk sahur di akhir waktu atau menjelang imsak. Ini merupakan pesan Rasulullah dalam sabdanya: “Segerakan berbuka dan akhirkan sahur.” (HR. Thabrani)
2. Segera berbuka puasa bila matahari telah terbenam
Jika waktu berbuka telah tiba dianjurkan segera membatalkan puasa. Meskipun hanya dengan minum segelas air. Ada banyak limpahan berkah dalam berbuka, karena itu tidak baik jika menunda berbuka puasa setelah shalat maghrib.
Rasulullah n bersabda yang artinya, “Orang akan selalu memperoleh kebaikan selama menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)
3. berbuka dengan kurma
Anas bin Malik menceritakan bahwa, “Rasulullah n biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan meminum air putih.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud)
4. Memperbanyak doa dan sedekah
Orang yang berpuasa doanya mustajab atau didengar oleh Allah l. Karena itu, jangan pernah lupa berdoa memohon kesuksesakan, selamat di dunia dan akhirat dan memohon kebaikan untuk kita dan orang tua kita. Rasulullah n pernah bersabda, “Ada tiga doa yang tidak akan ditolak, yaitu: Doa anak shalih, doa orang berpuasa dan doa orang dalam perjalanan.” (HR. Baihaqi)
5. Membaca doa saat menyantap hidangan berbuka
Sunnah nabi saat hendak makan adalah membaca basmalah. Setelah itu, disunnahkan juga membaca doa:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّه

“Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap, Insya Allah.” (HR. Abu Daud)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar